Berikut adalah lirik lengkap Mars Hari Santri 22 Oktober


Kamis 22 Oktober 2020 hari ini, Indonesia kembali memperingati Hari Santri. Peringatan Hari Santri tahun ini menjadi peringatan kelima, sejak Hari Santri diterbitkannya Keputusan Presiden No 22 tahun 2015 tentang Hari Santri. Penetapan Hari Santri adalah berdasarkan pada peristiwa amat bersejarah yakni Resolusi Jihad. Resolusi ini  dicetuskan dan dibacakan oleh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari pada 22 Oktober 1945. 

Resolusi Jihad mendorong lahirnya perjuangan para santri dari berbagai daerah bersama arek-arek Suroboyo melawan penjajah Belanda pada 10 November 1945. Tanpa Resolusi Jihad, barangkali peristiwa yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan itu terjadi. 

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengatakan peringatan ini dilaksanakan agar para santri dan masyarakat mampu menerjemahkan, menerapkan, dan mengaplikasikan ruhul-jihad tersebut dalam menjawab tantangan saat ini dan masa depan. Melalui peringatan ini, dengan spirit Resolusi Jihad, kita, para santri, memiliki tanggung jawab moral untuk menjawab tantangan zaman.    

Tahun ini peringatan Hari Santri mengusung tema Santri Sehat Indonesia Kuat. Tema ini sesuai dengan situasi saat ini di mana bangsa Indonesia bahkan warga seluruh dunia masih menghadapi pandemi Covid-19. Kementerian Agama menyampaikan masyarakat tetap dapat mengadakan peringatan Hari Santri namun dengan menjaga protokol kesehatan.  

Karena itu, peringatan Hari Santri diadakan di berbagai tempat dengan protokol kesehatan yang ketat. Kebanggaan dan harapan para santri akan hadirnya Hari Santri juga terungkap dalam Mars Hari Santri.  Selain menceritakan sejarah yang menjadikan lahirnya Hari Santri, mars juga berisi semangat santri untuk belajar di pesantren, ajakan agar santri mematuhi kiai, juga agar santri bisa berbakti pada negeri.   

Berikut adalah lirik lengkap Mars Hari Santri :

22 Oktober 45 

Resolusi Jihad panggilan jiwa  

Santri dan ulama tetap setia  

Berkorban pertahankan Indonesia


Saat ini kita telah merdeka  

Mari teruskan perjuangan ulama  

Berperan aktif dengan dasar Pancasila  

Nusantara tanggung jawab kita 


Hari Santri, Hari Santri, Hari Santri  

Hari Hantri bukti cinta pada negeri  

Ridho dan rahmat dari Ilahi  

NKRI harga mati    


Ayo santri, ayo santri, ayo santri  

Ayo ngaji dan patuh pada Kiai  

Jayalah bangsa, jaya negara  

Jayalah pesantren kita    


Mari bersiap kita berangkat  

ke pesantren dengan penuh semangat  

Raih cita-cita luruskan niat  

Mengabdi untuk kemaslahatan umat   


Hari Santri, Hari Santri, Hari Santri  


Hari Santri bukti cinta pada negeri  

Ridho dan rahmat dari Ilahi  

NKRI harga mati    


Ayo santri, ayo santri, ayo santri 

Ayo ngaji dan patuh pada kiai 

Jayalah bangsa, jaya negara  

Jayalah pesantren kita  


Jayalah bangsa negara 

Jayalah Indonesia Jayalah indonesia.

Sumber: NU Online

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close