Biografi Al Maghfurlah KH Moh Arief Kandangan Krembung

Ansor Krembung
Beliau lahir pada tanggal 9 Juli 1921 M, di Desa Kandangan Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo, beliau sejak kecil dibesarkan dan diasuh oleh orang tuanya dan menimba ilmu sekaligus belajar dari ayahnya (. Abdul Qodir) dan beliau meninggal pada 21 April 2001 pada usia 80 Tahun


Menginjak remaja beliau menempuh pendidikan Agama di Pesantren-pesantren salaf di antaranya pesantren Sono Sidokerto Buduran Sidoarjo sejak tahun 1931 – 1934 kepada :
  1. KH. Anwar bin KH. Abu Mansur
  2. KH. Ahmad Asy’ari bin KH. Abu Mansur
Pada tahun 1935 – 1940 beliau melanjutkan pendidikan Agamanya di Pesantren Lirboyo Kediri kepada KH. Abdul Karim atau lebih sering disebut dengan nama Mbah Manaf. 

Dan selama di pesantren Lirboyo di setiap kesempatan pada hari libur/liburan pondok khususnya pada hari Selasa beliau belajar agama bersama KH. Ma’ruf ( Mbah Ma’ruf ) Donglu Kediri dan kala libur panjang di pesantren Lirboyo.

Beliau tidak pulang ke rumah akan tetapi beliau menimba ilmu kepada KH. Fatah (Mbah Fatah) Mangun Sari Tulungagung Jatim.

Setelah itu beliau meneruskan belajar ilmu Agamanya ke Pondok Pesantren Termas Pacitan kepada KH. Abdul Hamid selama 2 tahun (1940-1942) lalu beliau melanjutkan ke pesantren Darussalam Watu Congol Muntilan Magelang kepada KH. Dalhar selama 2 tahun (1942-1944) kemudian beliau juga berguru kepada KH. Romli (Al Mursyid) Rejoso Jombang beliau memperdalam ilmu Toriqoh Qodiriyah Wanahsabandiyah selama kira-kira 1 tahun (1945).

Kemudian beliau menerus perjalanannya dalam menimba ilmu agama ke Siwalan Panji Buduran Sidoarjo karena ayahnya sering sakit-sakitan dan tidak boleh mondok terlalu jauh kira-kira tahun 1946.

Beliau menikah dengan Hj. Ni’mah kkira-kira tahun 1948 di karuniahi 10 anak :

  1. Hj. Fauzah
  2. Drs. KH. Satori Arief
  3.  Hj. Fauziyah Wardah
  4. Drs. KH. M. Atho’illah Arief
  5. Dra. Hj Lilik Ulfati
  6. KH. Moh. Khotib Sambasi Arief
  7. Dra. Uswatun Khasanah
  8. Maisaroh
  9. Dra. Siti Masyithoh
  10. Hj. Masfufah S.E

Setelah beliau tidak henti-hentinya untuk mencari dan memperdalam ilmu agama berguru kepada ulama-ulama alim dan zuhud di antaranya kepada KH. Sahlan Tholib Sidorangu Krian Sidoarjo kira pada tahun 1959 dan masih banyak lagi guru sekaligus teman Riyadho antara lain ; KH. Ali Mas’ud (Mbah UD) Pager Wojo Buduran Sidoarjo, Gus Rur Curah Malang Sumobito Jombang.

Beliau juga pernah Riadlo di hutan Glenmor Bayuwangi (JATIM) kira-kira 80 hari dengan menjalani puasa (MUTEH) dalam bahasa Jawa, sholat fardhu jamaah tidak putus.

Beliau mengamalkan ilmunya dengan tabliq keliling hamper seluruh wilayah kecamatan Krembung sampai menginjak usia tua beliau. Sehingga pada usia tua beliau sudah tidak kuat lagi untuk tabliq keliling akhinya beliau mengajar di musholla beliau karena ada santri yang menginap setelah mengaji. 

Akhirnya dibuatkan kamar-kamar kecil di sebelah musholla yang akhirnya di namakan pondok pesantren Baitul Falah.

Demikian Biografi Al Maghfurlah KH. Moh. Arief bila mana ada kekurangan dan kelebihannya mohon maaf. Sumber dari Dzurriyah KH. M. Khotib Sambasi Arief

1 Komentar

Type and hit Enter to search

Close